Rabu, 21 Januari 2009

Jenis-Jenis Domain


Apa itu domain? dalam bahasa yang sederhana, adalah nama sebagai pengganti Internet Protocol (IP).contoh : Yahoo.com adalah domain.
contoh yang lain adalah penggunaan .ORG untuk organisasi, .EDU untuk institusi pendidikan, dan sebagainya. Ada juga domain yang bisa mengindikasikan asalnya dari Indonesia. Yakni .AC.ID untuk lembaga pendidikan di Indonesia, .OR.ID untuk lembaga nirlaba, dan domain lainnya.

Dalam perkembangannya, domain telah menjadi sebuah identitas tersendiri yang identik dengan brand atau merk. Tak heran jika banyak orang saling berebut menjadi pemilik domain nama-nama unik dan terkenal. Untuk menghindari kepemilikan domain oleh orang yang tidak semestinya, ada banyak aturan dibuat.Meski demikian, tak banyak orang yang mencoba berbuat nakal dengan membeli domain yang mirip dengan domain populer. Misalnya pc-media.com atau majalahpcmedia.com untuk menyaingi pcmedia.co.id.


Struktur Domain

Dalam pembahasan mengenai domain, dikenal beberapa struktur atau tingkatan. Tingkat pertama biasa disebut Top Level Domain. Yakni deretan kata di belakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization), .edu (doteducation), .gov (dotgoverment), dan .mil (dotmilitary), misalnya.

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan di atas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.
sg, net.sg, dan lain sebagainya).

Tingkat ke dua adalah Second Level Domain (SLD), yaitu nama domain sebenarnya yang terdaftar. Misalnya nama-domain.com, maka nama-domain adalah SLD dan TLD-nya adalah .com.

Tingkat ke tiga dalam struktur domain adalah Third Level Domain, yaitu nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Misalnya webmail. nama-domain.com atau namateman. nama-domain.com.



Daftar Domain Indonesia


Jenis Domain : AC.ID
Pengguna : Lembaga pendidikan yang sedikitnya memiliki program Diploma 1 tahun (D1), dan beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku. Termasuk di dalamnya perguruan tinggi yang bukan di bawah naungan Ditjen Dikti Depdikbud, seperti IAIN, Akademi Departemen, dan lain sebagainya.

Jenis Domain : SCH.ID
Pengguna : Sekolah (TK, SD, SMTP, SMU, SMK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah) serta lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan PLSM Diknas, seperti lembaga kursus dan sejenis.

Jenis Domain : CO.ID
Pengguna : Badan usaha yang mempunyai badan hukum sah serta memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

Jenis Domain : GO.ID
Pengguna : Khusus Lembaga milik Pemerintah Republik Indonesia.

Jenis Domain : MIL.ID
Pengguna : Khusus Lembaga dalam jajaran militer Republik Indonesia.

Jenis Domain : NET.ID
Pengguna : Khusus perusahaan penyelenggara yang memiliki pelanggan eksternal dan bukan merupakan anggota organisasi tersebut. Perusahaan harus merupakan badan hukum sah yang memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang terkait.

Jenis Domain : OR.ID
Pengguna : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori DTD lainnya seperti “AC.ID”, “CO.ID”, “GO.ID”, “MIL.ID”, “NET.ID”, dan lain-lain.

Jenis Domain : WEB.ID
Pengguna : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

0 pesan masuk: